kebun plasma pisang, kebun pisang, plasma nutfah

Pisang merupakan tanaman buah herba yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Yang kemudian menyebar ke daerah Afrika, Amerika selatan dan tengah. Di Indonesia dibeberapa daerah pisang mempunyai sebutan yang berbeda beda di Jawa Barat  Cau sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur disebut Gedang. Tumbuhan ini sangat cocok di iklim tropis basah, lembab, dan panas namun masih dapat tumbuh di daerah subtropis.

kebun pisang, nutfah pisang plasma nutfahBuah pisang sendiri mempunyai kandungan zat yang bagus yakni merupakan sumber vitamin, mineral terutama kalium dan juga karbohidrat.  Pada umumnya pisang merupakan buah sebagai penutup hidangan makan namun saat ini sudah banyak jenis penganan yang terbuat dari pisang antara lain sale pisang, pisang goreng, molen pisan, dan lain sebagainya. Kulit pisang pun masih berguna yakni untuk membuat cuka setelah diproses secara fermentasi alkhohol dan asam cuka, kemudian daun pohon pisang sebagai pembungkus. Bahkan air umbi batang pisang jenis tertentu dapat di pakai sebagai obat tradisional untuk penyakit disentri dan pendarahan usus besar, penawar racun dan obat sakit kencing.

Indonesia sebagai salah satu pemasok pisang segar dan kering ke berbagai pohon pisang, kebun pisangnegara antara lain Jepang, Hongkong, Cina, Singapura, Arab, Australia, Belanda, Amerika serikat dan Perancis tentu saja mempunyai berbagai macam jenis pisang sebut saja salah satu pusat produksi pisang di jawa Barat adalah Cianjur. Dan hampir disetiap daerah dapat ditemukan pohon pisang.

Di yogyakarta anda dapat menemukan beberapa jenis varietas pisang dari berbagai daerah di Nusantara Bahkan luar negeri, tempat ini dinamakan Agrowisata Kebun Plasma Nutfah Pisang, yang terletak di desa Malangan, Giwangan, Umbulharjo Yogyakarta, sebelah selatan kota gede,  kurang lebih 8 km dari pusat kota .  Tempat ini dibangun sejak tahun 1988 dengan lahan seluas 19.525 meter persegi dan telah memiliki 346 varietas pisang. Fasilitas yang ada di kebun Plasma Nutfah pisang antara lain laboratorium kultur jaringan, Laboratorium olahan, rumah aklimatisasi (tempat adaptasi bibit tanaman), gedung proosi dan SDM.

kebun pisang, kebun nutfah, pisangKebun Plasma nuftah pisang ini dibangun dengan harapan dapat melestarikan memanfaatkan dan menyebarluaskan pisang bagi kepentingan yang lebih berdaya guna.

Untuk memasuki kebun ini tidak dipungut biaya dan dibuka setiap hari senin-kamis mulai pukul 07.30 sampai dengan 14.00 WIB, hari Jum’at pukul 07.30 sampai dengan pukul 11.00 WIB, sedangkan hari sabtu pada dibuka pada pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

How to get there :

  1. Trans Jogja jalur 3A, 3B, 4A, dan 4B turun di terminal giwangan
  2. Bus kota jalur 2, 3, 4, 5, 6, 7, 9, 10, 11, 12, 14, 15, dan 16 turun di terminal giwangan

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Pramesthi Jogja, Hotel Grand Rosela

Tempat terdekat :

Lokasi lain yang dapat Anda kunjungi disekitar KebunNutfah Pisang diantaranya Kebun Binatang Gembira Loka, PASTY

Peta Lokasi  :

Lihat Plasma Nutfah Pisang di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kebun plasma nutfah pisang yogyakarta
  • kebun pisang
  • perkebunan pisang di indonesia
  • kebun plasma nutfah
  • plasma nutfah
  • perkebunan pisang
  • plasma nutfah pisang yogyakarta
  • pohon pisang jepang
  • alamat kebun plasma nutfah pisang
  • NUTFAH PISANG DI YOGYAKARTA